Mudah! Begini Cara Pengembalian Barang di Shopee Lewat J&T

Cara Pengembalian Barang di Shopee Lewat J&T
Cara Pengembalian Barang di Shopee Lewat J&T

Apakah kamu pernah menerima barang yang tidak sesuai pesanan ketika belanja online? Daripada memberikan penilaian bintang 1 kepada seller, lebih baik kamu mengembalikan barang tersebut. Lalu bagaimana caranya? Nah pada artikel ini akan kita bahas tentang cara melakukan pengembalian barang di shopee lewat J&T.

Shopee adalah sebuah platform perdagangan elektronik yang beroperasi di Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Platform ini didirikan oleh perusahaan induknya, Sea Group, dan diluncurkan pada tahun 2015.

Shopee menyediakan berbagai produk dari berbagai kategori seperti pakaian, elektronik, peralatan rumah tangga, kecantikan, hobi, dan banyak lagi. Pengguna dapat menjelajahi berbagai produk dari penjual yang berbeda dan melakukan pembelian secara online dengan mudah melalui aplikasi atau situs web Shopee.

Salah satu fitur unggulan Shopee adalah "Shopee Guarantee," yang memberikan perlindungan kepada pembeli jika produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau mengalami masalah kualitas tertentu. Selain itu, Shopee juga sering mengadakan berbagai promo dan diskon menarik untuk menarik minat pembeli.

Shopee telah menjadi salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di Indonesia dan terus berkembang secara pesat untuk memenuhi kebutuhan konsumen di pasar online. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan produk yang tidak sesuai pesanan di Shopee.

Cara Pengembalian Barang di Shopee Lewat J&T

Berikut adalah cara mengirim pengembalian barang di Shopee lewat J&T yang bisa kamu ikuti:

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama yaitu buka aplikasi Shopee yang ada di hp-mu atau bisa melalui website resmi shopee.co.id, kemudian klik pada menu "Saya" dan buka riwayat pesananmu tepatnya pada menu "Dikirim".

2. Ajukan Pengembalian Barang

Setelah itu pilih barang yang ingin kamu kembalikan ke seller, klik "Rincian Pesanan" lalu klik tombol "Ajukan Pengembalian". Pastikan kamu sudah menyiapkan foto atau video ketika unboxing produk, dan jangan lupa untuk mengisi alasan pengembalian yang sesuai agar pengajuanmu segera disetujui.

3. Pilih Jasa Pengiriman J&T

Karena kita akan menggunakan jasa pengiriman J&T Express untuk pengembalian barang, maka pilih ekspedisi tersebut ketika pengajuan sudah disetujui. Selanjutnya cetak resi pengiriman melalui menu "Email Saya". Setelah itu tempel resi ke barang yang sudah kamu packing dengan rapih.

4. Antar Barang ke Kantor J&T Terdekat

Jika barang sudah siap dikirim, kamu bisa langsung mengunjungi kantor J&T terdekat. Serahkan paket tersebut ke petugas admin J&T lalu tunggu nomor resi diberikan kepadamu. Nantinya resi tersebut bisa kamu berikan ke seller jika diminta.

5. Upload Bukti Pengembalian

Setelah barang dikirim, kamu bisa langsung mengupload bukti pengiriman pengembalian barang melalui tombol "Masukkan Bukti Pengiriman" pada halaman rincian pengembalian. Bukti yang bisa kamu upload yaitu nomor resi dan dokumen pengiriman. Selesai.

Langkah-langkah untuk melakukan pengembalian barang sudah selesai kamu lakukan, tinggal menunggu barang dikirim oleh J&T ke penjual lalu menunggu danamu dikembalikan. Mudah bukan?

Catatan:
  • Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh tim Penjual dalam kurun waktu 3-5 hari kerja.
  • Untuk mengajukan Voucher kompensasi sebesar Rp25.000 (tidak termasuk jika dimensi barang melebihi batas maksimal), kamu bisa menghubungi Customer Service Shopee dengan menyertakan no. resi yang valid. 

Siapa yang Menanggung Ongkos Kirim Pengembalian Barang di Shopee?

Untuk pesanan lokal/dalam negeri (Non-Shopee Mall):

Kamu bisa mengembalikan produk dengan ekspedisi J&T Express, atau Indopaket (Indomaret). Ongkos kirim pengembalian produk akan ditanggung oleh Shopee apabila kamu menggunakan jasa kirim dengan batasan dimensi sebagai berikut:


Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan apabila menggunakan jasa pengiriman lainnya:
  1. Pastikan jasa kirim yang kamu gunakan memiliki website pengiriman yang bisa dilacak. Kemudian upload informasi pengiriman (contoh: nomor resi, dokumen pengiriman, atau kuitansi) melalui tombol Masukkan Bukti Pengiriman pada halaman Rincian Pengembalian di aplikasi Shopee/Shopee Lite.
  2. Disarankan untuk membeli asuransi pengiriman dari jasa kirim saat pengembalian produk. Apabila kamu tidak menggunakan asuransi pengiriman dan terdapat kendala (hilang atau rusak) saat proses pengiriman, maka kamu berisiko untuk tidak mendapatkan nominal klaim secara penuh (sesuai ketentuan klaim dari pihak jasa kirim).

Catatan:
Kamu bisa menemukan counter J&T Express terdekat dan gerai Indomaret (untuk pengembalian menggunakan Indopaket) untuk melakukan pengiriman pengembalian produk.

Untuk pemesanan Shopee Mall:
Shopee akan menanggung ongkos kirim pengembalian produk yang dibeli dari Penjual Shopee Mall, dengan metode drop off.

Untuk pesanan luar negeri:
Shopee tidak akan menanggung ongkos kirim pengembalian produk ke luar negeri. Kamu akan diberikan alamat lokal untuk mengirimkan pesanan yang akan dikembalikan. Mohon tidak mengirimkan paket yang akan dikembalikan langsung ke alamat luar negeri. (Sumber)

Nah itulah penjelasan mengenai cara pengembalian barang di Shopee lewat J&T. Setelah membaca artikel ini, pastikan kamu selalu mengambil dokumentasi ketika membuka paket, karena apabila paketnya tidak sesuai pesanan maka bisa kamu kembalikan ke seller. Semoga bermanfaat..

Share info seputar belanja online.
© Tema Belanja. All rights reserved. Developed by Jago Desain