17+ Kelebihan dan Kekurangan Marketplace Tokopedia 2023

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia - Tokopedia adalah sebuah marketplace atau situs jual beli online yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, dan Tokopedia pun terkenal sebagai salah satu marketplace terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Marketplace Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009 dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan pada tanggal 6 Febuari 2009. PT Tokopedia pun semakin berkembang dan berhasil menjadi salah satu perusahaan internet dengan pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia.

Sampai saat ini, Tokopedia pun selalu berusaha memperbaiki dan berinovasi untuk perkembangan marketplace nya karena semakin sengitnya persaingan antara marketplace.

Sama halnya dengan marketplace lain, Tokopedia pun tetap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang akan dibahas berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Sebagai salah satu dari sekian banyak pengguna Tokopedia, maka sudah seharusnya anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dan Tokopedia tersebut. Mari kita simak pembahasan berikut.

Kelebihan dan Keunggulan Tokopedia

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan keunggulan yang ada pada Tokopedia:
  1. Penampilan website yang menarik dengan dominasi warna hijau, yang terlihat segar dan simpel di mata penggunanya.
  2. Loading website terhitung ringan, terlihat ketika kita mencoba membuka sebuah produk ataupun toko maka tidak memerlukan waktu yang lama.
  3. Merupakan salah satu marketplace yang bersifat gratis. Hal ini menjadi kelebihan Tokopedia, karna gratis adalah kata yang disukai. Hehe..
  4. Banyak tersedia promo gratis ongkir maupun diskon barang.
  5. Adanya fitur gratis ketika kita sebagai pembeli  ingin retur barang yang tidak sesuai  dengan pesanan.
  6. Banyak harga barang yang relatif lebih murah dari biasanya, hal ini karna adanya perang harga antar pedagang dan secara tidak langsung hal ini menjadi keuntungan bagi pembeli.
  7. Terdapat fitur untuk membeli pulsa, kuota, listrik, tiket, dll. Kelebihan Tokopedia yang satu ini sangat menguntungkan bagi customer yang sibuk dan memiliki sedikit waktu luang.
  8. Bisa mengisi saldo di Tokopedia, jadi ketika kita ingin membeli barang tidak perlu repot-repot pergi ke atm untuk membayar pesanan.
  9. Memiliki kemanan akun yang cukup baik, yaitu dengan penggunaan kode OTP.
  10. Memisahkan barang-barang sesuai kategorinya yang membuat pengguna lebih mudah menemukan barang yang dicari.

Kekurangan dan Kelemahan Tokopedia

Dan berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelemahan yang ada pada Tokopedia:
  1. Banyak produk spam, yang mana produk dihargai sangat murah padahal isinya hanya basa-basi. Hal ini dapat menyusahkan pembeli ketika ingin mencari barang termurah.
  2. Tidak bisa mengirim foto ataupun link bagi pembeli maupun penjual, hal ini menyusahkan komunikasi antar pembeli dan penjual.
  3. Sering terjadi eror di website maupun aplikasi Tokopedia, kekurangan yang satu ini sering membuat penggunanya merasa kesal.
  4. Tidak adanya fitur blacklist untuk pembeli dan pelanggan.
  5. Sering terjadi perang harga, hal ini menyebabkan para pedagang dengan berat hati menurunkan harga produknya demi lakunya barang.
  6. Kurang maksimalnya fitur pengelolaan stok barang, jadi ketika pembeli sedang menunggu proses pembayaran maka stok tidak otomatis berkurang.
  7. Tidak adanya fitur diskon dengan berbatas waktu tertentu.
  8. Ukuran gambar produk terlihat kecil walaupun sudah diklik, baik di website maupun aplikasi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Tokopedia yang semoga menjadi wawasan baru bagi anda. Bila ada poin-poin diatas yang berbeda dengan pandangan anda, maka anda bebas menilainya sendiri, karna setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda. Semoga bermanfaat..

Ditulis oleh: Temabelanja.com
Share info seputar belanja online.
© Tema Belanja. All rights reserved. Developed by Jago Desain